Kamis, 28 Juni 2012

Pengertian Pangsa Pasar


Pangsa pasar adalah (Persentase pasar) penjualan perusahaan dibandingkan pasar keseluruhan normalnya lebih tinggi jika menghadapi persaingan sedikit. Perusahaan dapat memasang harga tinggi, tanpa kehilangan konsumen. Keseluruhan penghasilan (total revenue) tergantung pada jumlah (quantity) yang terjual dan harga per unit (price). 

Penghasilan = Jumlah Unit terjual x harga
Revenue = Q X P


Perusahaan yang mengahadapi persaingan sedikit dapat menjual dalam jumlah besar pada harga tinggi sehingga menghasilkan tingkat penghasilan yang tinggi. Tingkat persaingan yang tinggi mempunyai akibat sebaliknya. Pertama, dapat menurunkan pangsa pasar, dengan demikian menurunkan jumlah yang terjual oleh setiap perusahaan. Kedua, tingkat persaingan tinggi dapat memaksa setiap perusahaan dalam industry mengurangi harga untuk mencegah pesaing mengambil alih bisnisnya.

Setiap industry terdiri dari berbagai perusahaan yang bersaing satu sama lain untuk para konsumen yang menginginkan produknya. 
Meningkatkan pangsa pasar adalah salah satu tujuan paling penting dari sebuah bisnis. Keuntungan utama menggunakan pangsa pasar sebagai ukuran kinerja bisnis adalah bahwa hal itu kurang tergantung pada variabel macroenvironmental seperti keadaan ekonomi atau peru bahan dalam kebijakan pajak.

Konstruksi sebuah pangsa pasar
Pangsa pasar: Persentase pasar dicatat oleh entitas tertentu.
Satuan pangsa pasar: Satuan dijual oleh suatu perusahaan terten tu sebagai persentase dari penjualan total pasar, diukur dalam satuan yang sama. 


     Satuan pangsa pasar (%) =
100 * Satuan penjualan (#) / Penjualan Unit Total Pasar (#)


Rumus ini, tentu saja, dapat disusun kembali untuk
mendapat kan penjualan unit baik atau penjualan pasar total unit dari dua variabel lainnya, seperti digambarkan dalam berikut:


     Penjualan unit (#) = Satuan pangsa pasar (%) * Penjualan Unit Total Pasar (#) / 100

     Jumlah Satuan Penjualan Pasar (#) = 100 * Satuan penjualan (#) / Unit pangsa pasar (%)


Pendapatan pangsa pasar: pangsa pasar Pendapatan berbeda
dari satuan pangsa pasar di bahwa itu mencerminkan harga di mana barang yang dijual. Bahkan, cara yang relatif sederhana untuk menghitung harga relatif untuk membagi berbagi penda patan pasar dengan pangsa pasar unit yang. 


     Pendapatan pangsa pasar (%) = 100 * Penjualan ($) / Total Penjualan Pasar Pendapatan ($)

Seperti dengan pangsa pasar satuan, persamaan ini untuk berbagi pendapatan pasar dapat disusun kembali untuk menghi
tung baik pendapatan penjualan atau pasar total pendapatan penjualan dari dua variabel lainnya.  

Tujuan Pangsa Pasar

Pangsa pasar merupakan kunci indikator kunci dari sebuah persaingan pasar, seberapa baik suatu perusahaan melakukan terhadap pesaingnya. Metrik ini, ditambah dengan perubahan dalam pendapatan penjualan, membantu manajer mengevaluasi permintaan baik primer dan selektif dalam pasar mereka. Artinya, memungkinkan mereka untuk menilai tidak hanya pertumbuhan pasar total atau penurunan tetapi juga tren dalam pilihan pelanggan di antara pesaing

Umumnya, pertumbuhan penjualan yang dihasilkan dari permintaan primer (pertumbuhan total pasar) lebih murah dan lebih menguntungkan daripada yang dicapai dengan menangkap pangsa dari pesaing. Sebaliknya, kerugian dalam pangsa pasar dapat sinyal serius dan masalah jangka panjang yang membutuhkan penyesuaian strategis. Perusahaan dengan pangsa pasar di bawah tingkat tertentu mungkin tidak layak. Demikian pula, dalam lini produk perusahaan, tren pangsa pasar untuk produk individu dianggap indikator awal dari peluang masa depan atau masalah. 

Hal ini umumnya diperlukan untuk riset pasar komisi (penelitian sekunder) untuk menentukan. Kadang-kadang, meskipun, seseorang dapat menggunakan penelitian utama untuk memperkirakan ukuran pasar total dan pangsa pasar perusahaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar