Kamis, 28 Juni 2012

Memahami Selera Konsumen


Menjadi penjual yang baik harus mengerti selera konsumen. Jika yang kita jual hanyalah barang-barang kesukaan kita, sesuai selera kita. Jangan harap pembeli atau konsumen akan datang kepada kita. Berbisnis memang masalah selera, jika kita tahu dan mengerti seperti apa selera konsumen maka kita akan mendulang untung. Sebuah hal yang rumit untuk mengetahui apakah barang yang Anda pilih untuk Anda jual telah sesuai dengan keinginan pasar? Saya sering mengalami hal ini, untuk saya semua yang saya jual di toko adalah barang-barang bagus. Tentu saja itu adalah

pilihan terbaik saya.
Namun tidak demikian adanya untuk pembeli. Apa yang menurut saya keren ternyata sama sekali tidak menarik perhatiannya. Malah kadang melecehkan. Siapa yang tidak akan kecewa pilihannya disepelekan? Semua orang pasti akan merasakan rasa tidak enak itu.
Itulah dunia saya, setiap hari saya harus belajar barang seperti apa yang disukai klien.Model, motif sampai bahan harus saya catat teliti di kepala, sebab besok ketika orang yang sama datang maka saya siap mengeluarkan produk yang sesuai dengan keinginan mereka. Ternyata semua hal dalam hidup ini harus dilakukan dengan ilmu.Jika tidak ada ilmunya jangan coba-coba melakukan sesuatu.
Bukan pekerjaan mudah untuk mengenali selera konsumen. Terkadang sekarang ia suka yang ini, besoknya sudah berganti lagi. benar-benar menjadi penjual harus banyak bersabar dan menahan diri. Suatu kali dengan gaya sangat meyakinkan dia pesan sesuatu, saat barangnya sudah saya carikan ternyata tidak lagi jadi yang itu. lain lagi yang dia mau.
Aduuuh ... pusing sendiri! susah juga menentukan pilihan. Jika Anda tidak punya kesabaran, Anda tidak akan jadi penjual yang sukses. kata-kata itu yang selalu saya tanamkan dalam diri. Agar bisa bertahan menghadapi perilaku konsumen yang banyak maunya.
Memang karena kita manusia punya kepala yang berbeda-beda. Tentu saja maunya juga beda. ya kan?? Tidak bisa dipaksa, dan tidak salah juga saat selera Anda dan selera saya berbeda. Bagi saya berbeda itu tidaklah penting. Yang terpenting adalah bagaimana saya bisa memahami selera Anda itu? sebab itu adalah kunci untuk kesuksesan bisnis saya.
Bagaimana menurut Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar